Sempurnakan Raqan Dayah, Baitul Mal Bireuen Gelar Muzakarah Ulama

Dec 5

muzakarah ulamaGuna menyempurnakan rancangan qanun (raqan) sistem Pendidikan Dayah, Baitul Mal Kabupaten Bireuen menggelar muzakarah ulama di aula Hotel Meuligoe, Cot Gapu, Bireuen pada Rabu 5 Desember 2012. Raqan tersebut adalah inisiatif Dinas Syariat Islam Kabupaten Bireuen.

Muzakarah ulama tersebut dibuka Bupati Bireuen, H Ruslan M Daud, dan dihadiri Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Bireuen, Tgk Hanafiah Hamzah, Kadis Syariat Islam Kabupaten Bireuen, Saifullah, pengurus Baitul Mal Kabupaten Bireuen serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dalam laporan singkatnya, Kadis Syariat Islam Kabupaten Bireuen, Saifullah mengatakan muzakarah ulama digelar sebagai lanjutan untuk penyempurnaan raqan tersebut. Kegiatan sehari penuh itu dihadiri 70 peserta terdiri dari para pimpinan dayah, pengurus Majelis Ulama Nanggroe Aceh (MUNA) dan MPU Bireuen.

“Dalam muzakarah ini akan dibahas pasal demi pasal materi raqan ini dengan menerima masukan dan saran dari kalangan ulama sehingga rampung, sebelumnya raqan ini sudah dibahas bersama pimpinan dayah dan unsur lainnya tetapi belum selesai seluruhnya,” kata Saifullah.

Dalam beberapa hari ke depan, ujar Saifullah, bersama dua raqan lainnya yaitu raqan tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian Imum Syik di Kabupaten Bireuen, dan raqan tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian Imum Gampong diserahkan ke DPRK Bireuen untuk dibahas dan disahkan menjadi Qanun Kabupaten Bireuen.(bna)

Sumber: http://www.atjehpost.com

Tinggalkan Komentar