Baitul Mal Kabupaten Bireuen Salurkan Rp1 Miliar Dana Zakat

Oct 19

Badan Baitul Mal Kabupaten Bireuen menyalurkan Rp1 miliar lebih dana zakat, infaq dan sadaqah (ZIS) tahap II tahun 2012, kepada para penerima yang berhak.

Penyerahan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen, Muzakkar A Gani tersebut dilakukan di aula Setdakab Bireuen, Jumat, 19 Oktober 2012.

Kepala Badan Baitul Mal Kabupaten Bireuen, Ahmad Ajady dalam laporannya menyebutkan dana ZIS yang disalurkan, merupakan dana yang terhimpun tahap II periode Mei-Agustus 2012 sebesar Rp1,1 miliar. Dana tersebut terdiri dari zakat Rp409,8 juta dan infaq Rp752,9 juta.

Dana ZIS disalurkan kepada penerima antara lain berupa bantuan modal usaha fakir, miskin, beasiswa fakir miskin sekolah dasar, SMP dan SMA.

Lalu bantuan biaya kepada fakir miskin, bantuan untuk santri, bantuan panti asuhan, bantuan biaya pembangunan meunasah, bantuan kepada musafir termasuk biaya untuk operasional kantor dan pembangunan rumah kaum dhuafa.

“Pemasukan zakat, infaq dan sadaqah pada periode ini ada peningkatan bila dibandingkan dengan pemasukan tahap I tahun 2012, sebelumnya kami sempat khawatir terjadi penurunan penerimaan pasca keluarnya aturan dari Baitul Mal Aceh yang menetapkan, batas penghasilan kena zakat per bulan di atas Rp3,8 juta,” katanya.

Tetapi kemudian Bupati Bireuen mengeluarkan surat yang ditujukan kepada pejabat, PNS, TNI/Polri, karyawan BUMD/BUMN dan karyawan swasta menyetor zakat 2,5 persen bagi yang berpenghasilan di atas Rp3,8 juta per bulan dan kepada yang berpenghasilan di bawah batasan tersebut, dimohon menyetor satu persen per bulan.

Sekda Bireuen Muzakkar A Gani menghimbau kepada seluruh PNS di lingkungan Pemkab Bireuen untuk disiplin menyetor zakat dan infaq kepada bendaharawan di dinas masing-masing untuk selanjutnnya disetorkan ke kas daerah.

“Lalu pada waktu yang ditetapkan disalurkan kepada yang berhak sesuai dengan ketentuan,” katanya.

Sumber: www.atjehpost.com

Tinggalkan Komentar