Baitul Mal Kabupaten Bireuen

Zakat dapat mensucikan harta dan dirahmati Allah.

Baitul Mal Diminta Himpun ZIS dari Semua Kalangan

Feb 6
bazisBupati Bireuen H Ruslan M Daud meminta pengurus Baitul Mal setempat tak semata mengumpulkan zakat, infaq dan sadaqah (ZIS) dari instansi pemerintah atau PNS, namun juga turun ke lapangan menjemput bola dari semua kalangan yang berhak zakat (muzakki).

Tidak salah kalau petugas Baitul Mal mendatangi pengusaha dan pedagang menawarkan mereka menyalurkan zakat, infaq dan sadaqah. Jadi tidak semata sumber dari PNS, kata Bupati Ruslan pada penyaluran ZIS, Rabu (6/2).

Ruslan meyakini, jika semua kalangan bersedia menyisihkan sedikit hartanya di jalan Allah, maka ini akan mampu memberikan ruang bagi upaya membangun perekonomian umat Islam kurang mampu lainnya yang hidup belum beruntung.

Bupati mengajak semua pegawai, termasuk pengusaha dan pedagang untuk tidak segan-segan menyalurkan zakat atau sedekahnya melalui Baitul Mal. Seluruh pengorbanan harta selain dapat membantu masyarakat kurang mampu, juga menjadi bekal berharga di akhirat kelak.

Kepala Badan Baitul Mal Bireuen Drs H Ahmad Adjady melaporkan, ZIS yang disalurkan tahap III September-Desember 2012 mencapai Rp1 miliar lebih, terdiri dari zakat Rp359 juta dan infaq Rp657 juta. Sementara keseluruhan ZIS yang disalurkan tahun 2012 sebesar Rp3,1 miliar.

Sebagaimana biasanya, ZIS disalurkan untuk modal usaha fakir miskin di setiap kecamatan, beasiswa untuk pelajar di semua jenjang sekolah, bantuan untuk mualaf dan pembangunan rumah untuk kaum dhuafa.

Menurut Ahmad, sejak 2009 Badan Baitul Mal Kabupaten Bireuen telah membangun 187 rumah untuk kaum dhuafa, masing-masing 30 unit tahun 2009, 46 unit tahun 2010, 54 unit tahun 2011 dan 57 unit tahun 2012.

Sesuai data yang ada, ujarnya, penerimaan ZIS setiap tahunnya mengalami peningkatan yang menggembirakan. Ini membuktikan semakin tingginya kesadaran masyarakat membayar zakat, terutama dari kalangan PNS.(hel)

Sumber: http://www.analisadaily.com

4 komentar

  1. Ramzatul qadri
    Jun 15

    Tolong ditulis tentang kapan berdirinya Baitul Mal Bireuen/ tentang sejerah berdirinya Baitul Mal Bireuen ! terima kasih ! ttd tgk Ramzatul Qadri Pimpinan Balai Pengajian Baitul Huda Paya Muneng

    Reply
  2. nurul wahdini
    Apr 12

    1. apakah penghimpunan dana zakat dan infaq yang dilakukan oleh badan baitul hanya pada lembaga saja, dan adakah baitul mal menerjun langsung dasar perhitungan kekayaan orang ?

    2. perbedaan dari kinerja badan baitul mal sesudah dan sebelum memiliki sekretariat badan baitul mal?

    Reply
  3. nurul wahdini
    Apr 24

    pak tolong dimuatin data secara akurat di badan baitul mal bireuen dalam realisasi penyaluran zakat dan infaq, misalnya dalam pembangunan rumah dhuafa, kemana saja disalurkan dalam perkecamatan atau pun perdesaan dan data lain seperti fakir miskin ibnusabil dan data lain. supaya lebih terlihat dan terbaca pengelolaan yang dilkukan di badan baitul mal. terimakasih wassalam…

    Reply

Tinggalkan Komentar