Baitul Mal Bireuen Latih Aplikasi IT kepada UPZ

Aug 13
Bimtek UPZBaitul Mal Kabupaten Bireuen kembali melakukan bimbingan teknis kepada para pengelola Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) di Kabupaten Bireuen. Pelatihan digelar di Aula Hotel Meuligoe, Kamis (13/08/15).
 .
Drs Zulkifli Ak.MM.CA, Kabid Pengumpulan pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen mengatakan bimtek itu dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan Zakat Infaq dan Shadaqah (ZIS) dan pengelolaannya dengan lebih baik.
.
“Selain meningkatkan pengumpulan, juga seluruh UPZ memahami cara mengimput data pegawai yang berhak menjadi mustahik serta dapat membuat laporan dengan cepat dan mudah,” ucap Zulkifli.
.
Dikatakan Bimtek aplikasi IT untuk angkatan lanjutan itu diikuti 50 pengelola UPZ dari UPTD se Kabupaten Bireuen, SMA, SMP, sekretariat Korpri Bireuen dan juga dari RSUD. Untuk memudahkan serapan dibagi dua angkatan yaitu pagi dan sore.
.
“Secara bertahap seluruh UPZ yang ada akan mendapat pelatihan serupa, sehingga semua aplikasi pengumpulan dan pelaporan zakat, infaq dan shadaqah nantinya akan seragam sehingga memudahkan pengelolaannya,” katanya.
.
Zulkifli mengatakan pengumpulan ZIS di Baitul Mal Kabupaten Bireuen semakin menunjukkan tren meningkat. Hal itu dipengaruhi faktor transparansi dan akuntabilitas pengelolaan ZIS yang semakin baik.
.
“Makanya dengan bimtek ini diupayakan metode pemungutan dan penatausahaan dan pertanggungjawaban lebih baik dibanding masa sebelumnya,” ucap Zulkifli yang merupakan mantan auditor BPKP.
.
Para narasumber pada bimtek itu selain Zulkifli selaku Kabid Pengumpulan, nara sumber lainnya Rizwan Sulaiman yang merupakan Kabid Pendistribusian dan Pendayagunaan ZIS pada Baitul Mal Kabupaten Bireuen. [mr]

Tinggalkan Komentar