Baitul Mal Bireuen Bantu Lima Bersaudara Penderita Thalassemia

Sep 8

Baitul Mal BireuenBaitulmalbir – Baitul Mal Kabupaten Bireuen menyalurkan bantuan dana kepada lima bersaudara penderita penyakit Thalassemia di Desa Pulo Awe, Kecamatan Kutablang, Bireuen. Bantuan diserahkan Bupati Bireuen Ruslan M Daud, Rabu 8 September 2015.

Lima penderita Thalassemia itu merupakan anak dari pasangan Muhammad Daud (60 tahun) dengan Nurhayati (45 tahun). Mereka adalah Yulita (19 tahun), Rauzanur (14 tahun), Fadhira (13 tahun) Asmaul Jannah (9 tahun) dan Zulfikar (10 tahun).

Bupati Bireuen Ruslan M Daud  didampingi Sekretaris Baitul Mal Anwar S.Ag,  Kadis Kesehatan Bireuen dr Amir Addani M.Kes dan Kadis Sosial, Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Bireuen Ridwan SH. Kunjungan ke kediaman penderita Thalassemia itu juga sebagai bentuk simpati Pemkab Bireuen.

Nurhayati, ibunda para penderita Thalassemia itu mengatakan selama ini lima anaknya harus menjalani transfusi darah paling lama sebulan sekali ke Banda Aceh. Seorang diantaranya malah 20 hari sekali. Setiap perjalanan ke Banda Aceh butuh biaya minimal Rp1,5 juta.

Bupati Bireuen mengatakan penyakit yang diserita lima orang dalam satu keluarga itu merupakan ujian dari Allah. Pemkab Bireuen dan semua pihak harus membantunya. Dia harapkan kepada orang tuanya ke lima penderita Thalassemia itu untuk sabar dan tabah.

Kadis Kesehatan Bireuen, Amir Addani mengatakan, Thalassemia merupakan anemia hemolitik herediter dan bukan penyakit yang menular. Penyakit itu akibat kelainan gen yang mengakibatkan kerusakan sel darah merah. Sehingga pasien kekurangan darah.

“Penderita penyakit tersebut harus ditransfusi darah secara rutin pada jangka waktu tertentu sesuai dengan kondisi pasien. Selain itu, penderita juga harus tetap menjaga kesehatan sebagaimana pada umumnya,” ucap Amir Addani.

Sekretaris Baitul Mal Kabupaten Bireuen, Anwar S.Ag mengatakan lembaga itu dapat membantu biaya pengobatan bagi masyarakat miskin yang menderita penyakit kronis. Dengan catatan jumlah yang dapat dibantu terbatas sesuai dengan kemampuan dan mekanisme di Baitul Mal, untuk kasus seperti ini pihak Baitul Mal telah menyalurkan bantuan sebesar Rp.10.000.000,-  semoga dapat meringankan beban yang dihadapi oleh keluarga penderita penyakit kronis ini.

Tinggalkan Komentar